Dihargai atau Dihormati ?

Dihargai atau Dihormati ?

               Entah kenapa malamini aku pengen nulis tentang dihargai atau dihormati, adakah perbedaan darikedua nya ? atau sama saja ?

               Dihargai , banyak orang memilih dihargai daripada dihormati , alasan nya karena jika sudah di hargai sudah barangtentu pasti dihormati. Okay tidak masalah karena perbedaan lah yang membuatkita senang hidup di Indonesia ini. Menghargai mempunyai kata dasar harga yang berarti  nilaibarang yang sudah di tentukan (menurut kamus besar bahasa Indonesia) . Jadiseberapa besar yang telah kamu lakukan , seberapa besar yang telah kamuperjuangkan untuk suatu masalah atau urusan, lantas kamu menuntut orang untuk memberikannilai atas perjuangan mu itu?. Seorang pejuang tidak seperti itu , seorang pejuangtak kan memberikan nilai atas perjuangan nya, seorang pejuang tidak serendahitu, dia akan terus berjuang untuk melakukan yang terbaik tanpa harus memintanilai atas perbuatannya. Jika kau seorang pejuang , seorang yang melakukansesuatu untuk sesuatu, katakana lah “sumbangsihku tak berharga namun keikhlasanku nyata”. Dengan kerendahan hati mu,dengan kewibawaan mu orang-orang akan menghormatimu , dan membunuh musuh-musuhmu.


                  Dihormati, mempunyai kata dasar “hormat” yang berati sopan, takzim, khidmat ,hormat bukan lah sikap hormat harus mengangkat tangan keatas kepala tidak lahdemikian, sikap hormat hanya perwujudan dari kebudayaan, tentang adab sopansantun. Ketika kamu di hormati maka orang-orang akan bersikap santunterhadapmu, mereka takkan peduli seberapa besar nilai perbuatan (perjuangan)yang telah kau lakukan kepada mereka, karena kamu tak menjual perjuangan mudengan nilai (harga), serendah apapun nilai (harga) yang kau tawarkan kepadamereka, mereka tak kan mampu membeli nya, mereka hanya mampu memberikanperilaku sopan, takzim, khidmat terhadap mu tanpa menuntut mu untuk menjualkembali perjuangan mu.

                  Hidup kuadalah hidup ku , dan hidup mu adalah hidup mu. Di hargai atau di hormati ituplihan mu, itu hak mu tak dapat ku campuri. Atau kau kan memilih tidak untukkedua nya . aku fikir itu lebih bagus. Karena sang pejuang sejati tak kanmeminta apapun terhadap apa yang sudah ia  berikan. bukan kah itu hakekat memberi ? “jangan memberi jika kau masih mengharapkanimbalan”.
                 
                  Aku bukan ahlibahasa yang dapat mengartikan kata demi kata, aku hanya berfikir dengan logikaku yang telah tuhan berikan kepadaku. Bukan berarti suara ku suara tuhan. Terakhir.

                  “jika kita berbuat baik maka alam semestakan menjawab dengan kebaikan pula tanpa harus meminta”. itu sudah hukumnya.
Previous
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar
December 21, 2014 at 6:03 PM ×

oh dwyyyyyy :") aku terharu :'))))

Reply
avatar
Thanks for your comment